Viewers

Rabu, 20 Maret 2013

Tertarik Untuk Melakukan Facial Mandiri?





Facial Sendiri di Rumah

Semakin maraknya bisnis skin care yang menawarkan berbagai macam produk serta perawatan tak jarang membuat kita semakin bingung menentukan produk mana yang terbaik bagi kulit. Sebenarnya sah-sah saja ketika kita memutuskan untuk menjalani perawatan pada bisnis skin care. Akan tetapi anda harus mengeluarkan pengorbanan biaya yang cukup besar. Hal ini dapat menguras kantong terutama bagi kalangan kelas menengah.

           
Namun jangan khawatir, kami akan memberikan tips bagaimana anda bisa merawat wajah dengan maksimal, namun tidak menguras kantong. Anda dapat melakukannya sendiri di rumah dengan bantuan alat-alat dan bahan-bahan yang relatif aman. Berikut langkah-langkah melakukan facial sendiri di rumah.





Aplikasikan Pembersih dan Penyegar (Milk Cleanser and Toner)
Langkah pertama dari facial adalah membersihkan kulit dengan cleanser dan toner. Cleanser berfungsi untuk mengangkat kotoran di kulit. Sedangkan toner bermanfaat untuk membersihkan sisa-sisa milk cleanser di wajah. Kebutuhan jenis cleanser dan toner berbeda untuk setiap orang. Untuk kulit berminyak, gunakan produk yang mengandung ekstrak mentimun atau lemon. Sedangkan untuk kulit kering, gunakan produk yang mengandung susu, madu, atau sejenis kolagen. Untuk kulit yang normal, anda bisa memakai jenis cleanser dan toner apapun. Agar hasil lebih maksimal, tepuk-tepukkan kapas yang sudah diberi sedikit alkohol ke kulit wajah yang cenderung berjerawat.


Peeling atau Scrubbing
Peeling adalah suatu tindakan pengangkatan sel-sel kulit mati yang dapat menyebabkan kekusaman di wajah. Perbedaan peeling dengan scrubbing adalah kandungan bahan kimia yang terkandung di dalamnya. Peeling biasanya memiliki zat aktif tertentu yang dapat menimbulkan pengelupasan pada bagian kulit ari. Sedangkan scrubbing hanya memiliki tingkat pengelupasan berupa daki pada kulit. Oleskan cream peeling atau scrub pada wajah. Gosok-gosok dengan lembut agar sel kulit mati terangkat. Produk ini dapat diperoleh di toko-toko terdekat.


Massage

Setelah melakukan peeling, bersihkan sisa-sisa cream peeling dengan air hangat. Kemudian lakukan pemijatan di area wajah anda. Usahakan anda memijat titik-titik tertentu relaksasi wajah. Anda dapat memijat dengan menggunakan cream pijat wajah. Dapat diperoleh di toko-toko terdekat.


Penguapan
Penguapan bertujuan untuk membuka pori-pori anda. Penguapan dilakukan dengan mesin pembuat uap atau uap air biasa yang diberikan kepada wajah. Pada saat pori-pori terbuka inilah anda perlu menyiapkan kapas alkohol dan alat pencungkil komedo. Lakukan pembersihan komedo pada saat cream pijat masih tersisa di wajah untuk menghindari peradangan. Anda dapat menggunakan mesin penyedot komedo. Setelah proses selesai, bersihkan cream pijat dengan air hangat.



Masker dan Serum

Bagian akhir dari facial adalah menambahkan masker dan berbagai macam cream atau serum. Masker bertujuan untuk mengecilkan pori-pori yang sempat terbuka karena penguapan. Masker juga bertujuan untuk mendinginkan luka akibat pembersihan komedo. Oleskan masker “clay” beraromaterapi. Anda dapat tiduran selama 15 menit. Bersihkan wajah dengan air hangat. Keringkan wajah dengan menepuk-nepukkan handuk. Baru anda dapat menambahkan serum vitamin atau cream anti iritasi. Anda pun siap memakai make-up atau pergi beristirahat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pembaca yang baik adalah pembaca yang selalu meninggalkan jejaknya.